Belajar Jurnalistik Radio, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Kunjungi Radio Venus

Belajar Jurnalistik Radio, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Kunjungi Radio Venus

Belajar Jurnalistik Radio, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Kunjungi Radio Venus

Tak ada komentar pada Belajar Jurnalistik Radio, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Kunjungi Radio Venus

ILKOM.FS.UMI – Guna menunjang pembelajaran mata kuliah Jurnalistik Radio bagi konsentrasi Jurnalistik, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia (UMI), mengunjungi Radio Venus di Kompleks Permata Hijau Permai, Kota Makassar, Selasa 11 April 2017.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa diterima langsung oleh Program Director, Ibu Nurmi Sultanadaku. Mahasiswa langsung di arahkan ke ruang redaksi penyiaran satu persatu.

 

Di ruang redaksi penyiaran, mahasiswa dikenalkan dengan penyiar yang tak asing bagi pendengar setia radio venus, Rachel atau wati sapaan akrabnya. Mahasiswa pun mulai melontarkan pertanyaan satu persatu. Seperti yang ditanyakan Yunita mahasiswi semester 4 ini soal tips dan trik dalam menyiar yang baik.

“tips menjadi penyiar baik, yang penting smiling voice di udara itu sudah lumayan baik, anggap kalau lagi berbicara dengan mereka, tidak menyiar dengan diri sendiri, tetapi menyiar dengan mereka, nyampe pesannya dan menarik,” kata Wati sapaan wanita berkulit sawo matang ini, yang juga saat itu sedang live menyiar.

Selain itu, di ruang redaksi periklanan, mahasiswa diajarkan bagaimana cara memproduksi iklan dan perbedaan-perbedaan iklan komersil dan iklan layanan masyarakat. “Disini saya memproduksi iklan, spot, promo baik dari klien maupun produksi sendiri untuk iklan layanan masyarakat (ILM),” ungkap Ika sapaan akrabnya.

Sementara di ruang redaksi produksi musik, Willem Fernandez selaku Music Director banyak memberikan pengetahuan soal bagaimana mengatur musik yang akan masuk ke ruang redaksi penyiaran hingga produksi suara-suara iklan dan program unggulan.

“Disini saya menciptakan program-program dengan backsound yang diambil dari suara sesuai karakter yang diinginkan, seperti kismis, keyla story yang merupakan program unggulan tercipta dari sini,” ungkap Willy sapaan akrabnya.

Radio dengan segmentasi Citra Musik Indonesia ini berpesan, melalui Ibu Emi sapaan akrab Nurmi, mengatakan agar nantinya mahasiswa tidak hanya datang mengunjungi radio venus, tetapi bisa juga datang dan belajar mempraktekan cara menjadi seorang penyiar. Juga soal singgungan untuk masuk ke dunia kampus, dirinya membuka lebar untuk bisa mengabdikan diri di Kampus UMI.

“Nantinya mahasiswa bisa datang untuk belajar menyiar, kita akan siapkan wadah untuk mahasiswa belajar menyiar. Salam saya untuk pak Idol, kalau di izinkan mengajar di Komunikasi, saya siap dihubungi kapan saja,” Pungkasnya yang disambut gembira mahasiswa yang hadir.

HUMAS

Related Posts

Ilmu Komunikasi UMI

Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia.....

Perpustakaan

Mail-UMI

SIMPADU

Back to Top