Gelar Workshop Penulisan Proposal Bagi Dosen, STIE AMKOP Gandeng FDI

Gelar Workshop Penulisan Proposal Bagi Dosen, STIE AMKOP Gandeng FDI

Gelar Workshop Penulisan Proposal Bagi Dosen, STIE AMKOP Gandeng FDI

Tak ada komentar pada Gelar Workshop Penulisan Proposal Bagi Dosen, STIE AMKOP Gandeng FDI
ILKOM.FS.UMI – Mencermati kurangnya minat menulis hasil riset bagi para dosen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP Makassar mengadakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian DIKTI, Selasa 21-22 Maret 2017.
Kegiatan berlangsung selama dua hari. Menghadirkan pemateri dari anggota Forum Dosen Indonesia (FDI) DPD Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Dirpan, STP., MSI., Ph.D dan Marhamah Nadir, SP., M.Si., Ph.D.
Peserta yang diikuti oleh para dosen STIE AMKOP ini, sangat antusias mengikuti kegiatan yang digagas oleh Asistent Direktur II Program Pascasarjana STIE AMKOP Dr. Gunawan Bata Ilyas, MM.
“Kegiatan ini sengaja kami laksanakan untuk dosen agar minat mereka untuk meneliti dan menulis lebih meningkat, apalagi teman-teman FDI ikut memberi support untuk itu,” Kata Gunawan sembari tersenyum.
Diawali dengan materi proses pengenalan aplikasi berbasis online bernama Mendeley, serta cara mengunduh aplikasi tersebut secara mudah dan gratis oleh Andi Dirpan.
Aplikasi inipun merupakan program untuk memudahkan proses penulisan daftar pustaka, kutipan literatur atau referensi tulisan ilmiah dari penelitian yang sudah ada.
“Aplikasi Mendeley sangat berguna bagi peneliti yang ingin menulis hasil penelitiannya, baik untuk daftar pustaka maupun untuk menghindari plagiarisme tulisan ilmiah,” Kata Andi Dirpan.
Berdasarkan pengalamannya sebagai peneliti, Andi Dirpan yang tulisannya telah banyak termuat dan terpublish pada jurnal dan proceeding nasional maupun Internasional, terindeks scopus dan Thomson ini, mengungkapkan saat ini dosen telah banyak dituntut untuk menulis, kemudian mempublikasikan hasil penelitiannya, dengan aplikasi ini maka proses penulisan referensi dan literatur tidak dilakukan secara manual lagi.
“Tinggal klik, sorot, dan enter,, selesai,” pungkas dosen Ilmu Pertanian Universitas Hasanuddin yang menyelesaikan program S3-nya di Ehime University of Jepang ini.
Sementara itu materi mengenai teknik penulisan proposal dan trik agar bisa lolos dalam kompetisi pendanaan riset dari Kemenristek Dikti dilanjutkan oleh Marhamah Nadir.
Dengan sangat memukau, doktor pentolan University of Miyazaki Jepang ini memberikan trik dan tips penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat agar bisa mendapat dana riset.
Mulai cara teknis dan substansi penulisan judul, abstrak penelitian hingga pada cara menentukan metodologi penelitian.
Menurut dosen dan peneliti ilmu pertanian Universitas Hasanuddin yang juga ketua II FDI Sulsel ini, bahwa dosen jangan menghabiskan waktu hanya untuk mengajar, harus juga di barengi dengan meneliti dan menulis.
“Jangan takut dan ragu, banyak koq sumber pendanaan yang bisa kita manfaatkan, baik oleh dosen PTN maupun PTS,” kata dosen energik yang akrab disapa Kak Ama ini.
Kegiatan Workshop ini akan berlanjut hingga pada hari kedua dengan materi klinik proposal penelitian yang telah dibuat oleh peserta.
**

Related Posts

Ilmu Komunikasi UMI

Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia.....

Perpustakaan

Mail-UMI

SIMPADU

Back to Top